Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo Batal Datang ke Amerika Serikat

WARTAMILITER.COM: JAKARTA - Dijadwalkan rencana pada 23-24 Oktober 2017 Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berada di kota Washington DC Amerika Serikat.Hal ini untuk memenuhi undangan yang di tulis oleh Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat,Joseph F Durford Jr.Undangan yang di kirim tersebut agar Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo,ikut menghadiri pada acara Konfrensi Angkatan bersenjata Se Asia Pacific.

Namun sesaat keberangkat Panglima,istri dan beberapa delegasi pada Sabtu 21/10 sekitar pukul 17 : 50 wib,Yang sudah berada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng.Panglima TNI mendapat kabar melalui maskapai penerbangan Emirates bahwa ada penolakan terhadap Panglima TNI beserta istri,tidak boleh memasuki Wilayah Amerika Serikat oleh US Custom and Border Protection.

Terkait kejadian penolakan Tersebut,Pada minggu 22/10 sekitar pukul 17:10 wib di Kantor Panglima TNI jenderal Gatot Nurmantyo di jakarta,memberi keterangan kepada awak media melalui Mayjend TNI Wuryanto.

Dalam penjelasanya Mayjend TNI  Wuryanto-KAPUSPEN menuturkan"Beberapa Saat sebelum keberangkatan ada Pemberitahuan dari Maskapai penerbangan Bahwa Panglima TNI Beserta istri tidak boleh Memasuki Wilayah AS,oleh US Custom And border protection.Ungkapnya.

"Atas Peristiwa ini Panglima TNI telah melapor kepada Presiden RI melalui Ajudan,Lapor kepada MenLu,Lapor kepada MenkoPolhukam serta berkirim Surat kepada Panglima Angkatan bersenjata Amerika Serikat"Imbuhnya.
Dia juga menuturkan Bahwa panglima TNI beserta istri dan Delegasi memutuskan untuk tidak akan memenuhi undangan Panglima Angkamtan Bersenjata Amerika Serikat sampe ada penjelasan Kusus dari pihak Amerika"Pungkasnya(Son)